18 Februari 2020 06:26:31
Ditulis oleh Admin

PENGUMUMAN PENGISIAN PERANGKAT DESA KATERBAN TAHUN 2020

TIM PENGANGKATAN PERANGKAT DESA

DESA KATERBAN

KECAMATAN SENORI KABUPATEN TUBAN

Jl. WR. Supratman No 39  kode pos 62365

 

P E N G U M U M A N

Nomor : 141/01/TPPD.KTB/XII/2020

 

Diberitahukan kepada seluruh warga Desa Katerban Kecamatan Senori Kabupaten Tuban, bahwa sampai dengan saat ini terdapat kekosongan Jabatan Perangkat Desa, yaitu :

 

“KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM”

 

Sehubungan dengan hal tersebut di atas kami Tim Pengangkatan Perangkat Desa Katerban Kecamatan Senori Kabupaten Tuban membuka Pendaftaran Pengisian Jabatan Perangkat Desa Katerban sebagai berikut :

 

Hari/Tanggal           :   Selasa, 3 Maret s/d Senin, 13 Maret 2020,

Waktu                      :   Senin  s/d Kamis (Jam 07.00 s/d 15.30 WIB).

Jum’at (Jam 07.00 s/d 14.30 WIB).

Tempat                    :   Balai Desa Katerban

 

  1. PERSYARATAN UMUM

Adapun persyaratan umum untuk menjadi Bakal Calon Perangkat Desa Katerban adalah sebagai berikut :

 

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;
  2. Setia dan taat kepada Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan Negara Kesatuan dan Pemerintah Republik Indonesia;
  3. Berpendidikan paling rendah sekolah menengah umum atau yang sederajat;
  4. Berusia 20 (dua puluh) tahun sampai dengan 42 (empat puluh dua) tahun, terhitung pada saat pendaftaran;
  5. Mampu mengoperasikan komputer;
  6. Sehat jasmani, serta bebas dari narkotika dan obat terlarang;
  7. Berkelakuan baik;
  8. Tidak sedang dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap;
  9. Tidak pernah dijatuhi pidana penjara berdasarkan putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih, kecuali 5 (lima) tahun setelah selesai menjalani pidana penjara dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang;
  10. Memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi.

 

  1. BERKAS ADMINISTRASI PERSAYARATAN

Bagi yang berminat untuk mencalonkan diri sebagai bakal calon Perangkat  Desa Katerban harus mengajukan permohonan/pendaftaran secara tertulis di atas kertas bermaterai cukup kepada Kepala Desa melalui Tim Pengangkatan Perangkat Desa dan dilampiri persyaratan administratif sebagai berikut :

  1. Surat pernyataan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup;
  2. Surat pernyataan memegang teguh dan mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika yang dibuat oleh yang bersangkutan di atas kertas bermaterai cukup;
  3. Fotokopi Ijazah pendidikan dari tingkat dasar sampai dengan ijazah terakhir atau pengganti ijazah yang disahkan oleh pejabat yang berwenang denganmenunjukkan aslinya pada saat mendaftar;
  4. Ketentuan terkait legalisir fotokopi ijazah sebagai berikut :
  5. Legalisir Ijazah/surat keterangan pengganti ijazah dilakukan oleh sekolah yang mengeluarkan Ijazah;
  6. Legalisir Ijazah/surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan yang bergabung dilakukan oleh kepala satuan pendidikan hasil penggabungan;
  7. Legalisir Ijazah/surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan yang sudah berganti nama dilakukan oleh kepala satuan pendidikan sesuai nomenklatur baru;
  8. Legalisir Ijazah/surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh satuan pendidikan yang sudah tidak beroperasi atau ditutup dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kemenag Kabupaten;
  9. Legalisir Ijazah paket/surat keterangan pengganti ijazah yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kemenag Kabupaten dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kemenag Kabupaten;
  10. Legalisir ijazah/surat keterangan pengganti ijazah bagi pemohon yang berdomisili di Kabupaten yang berbeda dengan Kabupaten sekolah asal dapat dilakukan oleh Kepala Dinas Kabupaten di tempat pemohon berdomisili;
  11. Legalisir Surat Keterangan Yang Berpenghargaan Sama dengan Surat Tanda Tamat Belajar (SKYBS) yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Dikbud Provinsi dilakukan oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi;
  12. Legalisir Ijazah Pondok Pesantren yang diakui oleh Pemerintah (satuan pendidikan Muadalah) dilakukan oleh Pimpinan Pondok Pesantren dan mengetahui Kemenag Kabupaten setempat, dengan secara khusus menyebutkan bahwa legalisir ijazah tersebut digunakan untuk mengikuti pencalonan Perangkat Desa.
  13. Khusus ijazah sekolah swasta di lingkungan Dinas Pendidikan disamping ketentuan di atas (huruf a huruf b, dan huruf c) dilegalisir pula :
  • Oleh Dinas Pendidikan Kabupaten bagi SD/SMP; dan
  • Oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten bagi SMA sederajat.
  1. Fotokopi Akte Kelahiran atau Surat Keterangan Kenal Lahir yang disahkan oleh pejabat yang berwenang (Disdukcapil) dengan menunjukan aslinya pada saat mendaftar;
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk Desa setempat (dilegalisir Disdukcapil) yang disahkan oleh pejabat berwenang atau surat keterangan dari pejabat yang berwenang (Disdukcapil) dengan menunjukan aslinya pada saat mendaftar;
  3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas atau aparat kesehatan yang berwenang;
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Kepolisian;
  5. Surat Keterangan Tidak Pernah Dijatuhi Pidana Penjara karena melakukan tindak pidana dengan ancaman hukuman paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih dari Pengadilan Negeri;
  6. Surat pernyataan pernah menjalani pidana penjara karena melakukan tindak pidana dengan ancaman hukuman paling singkat 5 (lima) tahun atau lebih dan mengumumkan secara jujur dan terbuka kepada publik melalui papan pengumuman Desa, bahwa yang bersangkutan pernah dipidana serta bukan sebagai pelaku kejahatan berulang-ulang bagi calon yang pernah menjalani pidana penjara;
  7. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4x6 cm.

 

  1. Data (nama diri, tempat/tanggal lahir dan nama orang tua) yang terdapat dalam dokumen ijazah pertama sampai terakhir, KTP-el, dan Akta kelahiran HARUS SAMA PERSIS.

 

  1. Persyaratan masing-masing dibuat dalam rangkap 3 (tiga), dengan rincian:
  2. berkas pertama (asli) sebagai arsip Desa;
  3. berkas kedua disampaikan kepada Camat; dan
  4. berkas ketiga disampaikan kepada Bupati sebagai laporan.

 

  1. Materi ujian tulis meliputi:
    1. Pengetahuan Pemerintahan;
    2. Agama;
    3. Pengetahuan Umum;
    4. Bahasa Indonesia; dan
    5. Pengetahuan Komputer
    6. Praktik Komputer

 

  1. PENUTUP

Demikian pengumuman pendaftaran bakal calon Perangkat Desa, untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya



Kategori

Bagikan :

comments powered by Disqus